IMPLEMENTASI FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONAL TENTANG PEMBIAYAAN MURĀBAHAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA CABANG BENGKULU (STUDI DI KOTA BENGKULU)

QORI, DWI MARDHALENA and M. Darudin, M. Darudin and Adi, Bastian Salam (2022) IMPLEMENTASI FATWA DEWAN SYARI’AH NASIONAL TENTANG PEMBIAYAAN MURĀBAHAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA CABANG BENGKULU (STUDI DI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI QORI DWI MARDHALENA - B1A018343.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Bank Syari‟ah Indonesia Cabang Bengkulu merupakan bank yang melaksanakan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syari‟ah. Dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabah Bank Syari‟ah Indonesia menyediakan fasilitas pembiayaan murābahah. Menurut Dewan Syari‟ah Nasional No. 04/DSN-MUI/IV/2000 yang dimaksud Murābahah adalah “bank membeli barang yang diperlukan nasabah atas nama bank sendiri dan pembelian ini harus sah dan bebas dari riba”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana konsep jual beli pembiayaan murābahah menurut Dewan Syari‟ah Nasional dan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pembiayaan murābahah pada Bank Syariah Indonesia cabang Bengkulu menurut Dewan Syari‟ah Nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Hasil yang didapat dari penelitian bahwa konsep pembiayaan murābahah di Bank Syari‟ah Indonesia cabang Bengkulu dilakukan sesuai dengan syari‟ah Islam. Nasabah melakukan pengajuan kemudian pihak bank menanyakan tujuan melakukan pembiayaan murābahah tersebut dan memberikan kesempatan kepada nasabah untuk menyebutkan berapa jumlah yang harus pihak bank penuhi. Saat kedua belah pihak menyetujui, pihak bank akan mengambil keuntungan dari obyek yang sudah ditawarkan. Harga jual akan muncul dan nanti akan di angsur oleh nasabah sesuai dengan kesepakatan. Pada saat semua sudah setuju maka akan dilaksanakan akad jual beli. Pelaksanaan pembiayaan murābahah di Bank Syari‟ah Indonesia sudah diterapkan sebagai mana mestinya. Kekuatan hukum fatwa Dewan Syariah Nasional sudah disepakati dan mengikat. Kata Kunci : Implementasi, Fatwa Dewan Syari‟ah Nasional, Perbankan Syari‟ah, Pembiayaan Murābahah, Bank Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:47
Last Modified: 10 Oct 2023 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16867

Actions (login required)

View Item View Item