PENGGUNAAN ETNOSAINS PADA RUMAH REJANG DALAM PEMBELAJARAN IPA KONSEP GAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

SARTIKA, RITA and Nirwana, Nirwana and Euis, Nursaadah (2022) PENGGUNAAN ETNOSAINS PADA RUMAH REJANG DALAM PEMBELAJARAN IPA KONSEP GAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi rIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan etnosains dalam pembelajaran IPA konsep gaya dan kategori peningkatannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu pre-eksperiment dengan menggunakan desain one group pretest�postest. Pengumpulan data melalui instrumen soal tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang ditujukan pada 32 siswa kelas VII-8 di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu. Instrumen soal diujikan kevalidannya oleh 3 orang ahli. Kemudian, soal diujikan pada 31 siswa untuk validitas empiris. Berdasarkan kriteria indeks validitas, didapatkan bahwa rhitung 0,579 > rtabel 0,335 maka soal tersebut valid. Sedangkan untuk kriteria indeks reliabilitas bahwa alpha r11 0,84 > 0,70 yang berarti instrumen soal tersebut reliabel. Penelitian ini menemukan bahwa instrumen soal yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa telah valid dan reliabel. Serta, daya beda yang baik dan tingkat kesukaran yang sedang. Selanjutnya, analisis data pada penelitian ini terbagi menjadi 3 teknik yaitu: 1) analisis deskriptif, 2) analisis inferensial, dan 3) N Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang didapat di lapangan dan perhitungan dengan rumus uji paired sample t-test yaitu sig 0,00 < 0,05 yang berarti pembelajaran dengan penggunaan etnosains meningkat secara signifikan. Selanjunya, peningkatan hasil belajar dengan penggunaan etnosains dilihat dari N Gain Score yaitu sebesar 0,58 yang berada pada kategori “sedang” yang berarti terdapat efektivitas peningkatan yang cukup efektif sesudah penggunaan etnosains dalam pembelajaran IPA pada konsep gaya. Sehingga, penggunaan etnosains dalam pembelajaran IPA konsep gaya dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu. Kata kunci: Konsep Gaya, Etnosains, Rumah Rejang

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:59
Last Modified: 10 Oct 2023 04:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16868

Actions (login required)

View Item View Item