PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII DI SMP 9 KOTA BENGKULU

AFRILIA, ZARA and Nirwana, Nirwana and Henny, Johan (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII DI SMP 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ZARA FIXX (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan pemahaman literasi lingkungan pada pembelajaran pemcemaran lingkungan pada siswa kelas VII semester II di SMP 9 Kota Bengkulu Penelitian dilakukan di dua kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh siswa kelas VIIA sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan siswa kelas VII B sebagai kelas pembanding (kontrol). Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 54 siswa yang terdiri dari 27 siswa dari kelas VIIA dan 27 siswa dari kelas VIIB. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk pengetahuan literasi lingkungan dan angket untuk sikap literasi lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang menggunakan model Problem based learning (PBL), yaitu hasil uji-t pada thitung sebesar 1.59 kurang dari ttabel sebesar 2.120. Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil ini juga memperkuat bahwa kedua kelas homogen, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan yang sama. Kata kunci : PBL, Literasi Lingkungan, Pencemaran Lingkungan, Smp 9 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:59
Last Modified: 10 Oct 2023 06:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16872

Actions (login required)

View Item View Item