PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI PREDICT-OBSERVE�EXPLAIN (POE) PADA TEKANAN FLUIDA STATIS

FADHILA, ANNISA and Irwan, Koto and Nirwana, Nirwana (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI PREDICT-OBSERVE�EXPLAIN (POE) PADA TEKANAN FLUIDA STATIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Annisa Fadhila_A1M018016_Pendidikan IPA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menjaga jarak untuk mengantisipasi penularan virus. Pembatasan bahkan pelarangan proses pembelajaran secara tatap muka di kelas diterapkan untuk menghindari penyebaran COVID-19. Pada tahun 2021, pandemi COVID-19 telah mengalami penurunan sehingga pemerintah memperbolehkan sekolah pada zona aman untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan mengharuskan semua siswa untuk melakukan vaksinasi. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan yaitu hasil wawancara kepada guru dan angket kebutuhan siswa di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu, diketahui bahwa saat pandemi COVID-19 ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pada saat pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini dikembangkan LKPD berorientasi POE yang termasuk jenis penelitian Research and Development yang menggunakan model 4D. Pengembangan yang terdiri dari 4 tahapan,yaitu: define (analisis kurikulum dan perangkat pembelajaran serta analisis kebutuhan pengembangan LKPD), design (merancang produk LKPD), development (validasi dan revisi produk), dan disseminate (uji coba pada calon pengguna). Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan produk. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli pada LKPD berorientasi predict-observe�explain (POE) yang telah dikembangkan dengan validitas sebesar 0,93 (validitas tinggi). Sehingga LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE) pada materi tekanan fluida statis layak untuk dilanjutkan pada tahap uji lapangan. Berdasarkan hasil uji respon keterbacaan siswa pada aspek tampilan LKPD, penyajian materi LKPD, dan LKPD berorientasi POE yang telah dilakukan kepada 21 siswa di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Pada aspek materi pada materi tekanan fluida statis yang sudah dikembangkan memiliki persentase sebesar 86,73% (sangat baik). Pada aspek bahasa memiliki persentase sebesar 84,05% (sangat baik). Pada aspek ketertarikan memiliki persentase sebesar 82,74 % (sangat baik). Sehingga respon siswa terhadap uji keterbacaan produk LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE) pada materi tekanan fluida statis yang telah dikembangkan didapatkan hasil setiap aspek memiliki persentase 84,89% (sangat baik). Kata Kunci : Research and Development, model 4D, LKPD, predict-observe-explain (POE)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:09
Last Modified: 10 Oct 2023 07:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16873

Actions (login required)

View Item View Item