PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN SAC (SMART APPS CREATOR) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI KELAS VII

WIJAYANTI, BELLA MUSTIKA and Rendy, Wikrama Wardana and Mellyta, Uliyandari (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN SAC (SMART APPS CREATOR) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI KELAS VII. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Bella Mustika Wijayanti_A1M018039.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan SAC (Smart Apps Creator) pada materi pemanasan global di kelas VII. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Teknik analisis validasi yang digunakan adalah formula Aiken V. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android berdasarkan skor raat-rata dari validasi media sebesar 0,88 dan validasi materi sebesar 1,00 memenuhi kategori sangat valid dan reliabel dengan V > 0,8. Artinya, media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan sudah sangat layak untuk diuji cobakan. Kemudian respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android diperoleh persentase 89,83% dengan kategori sangat baik yang artinya sebagian besar siswa menyukai jika pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android yang didalamnya terdapat video, gambar serta audio, media pembelajaran berbasis android juga dianggap media pembelajaran yang mudah diakses sehingga siswa mudah dalam menggunakannya. Selain itu, siswa lebih memahami isi materi pada materi pemanasan global. Sedangkan respon guru terhadap media pembelajaran berbasis android diperoleh persentase 92,18% dengan kategori sangat baik yang artinya guru membutuhkan media pembelajaran berbasis android yang tidak hanya berupa teks tetapi memuat video, gambar, audio dan evaluasi, guru menyukai media pembelajaran berbasis android karena membantu guru menarik perhatian siswa. Selain itu, media pembelajaran berbasis android juga dianggap media pembelajaran yang mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, SAC (Smart Apps Creator), Pemanasan Global.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:19
Last Modified: 10 Oct 2023 07:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16874

Actions (login required)

View Item View Item