ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI SMPN 9 KOTA BENGKULU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

MAUREN, DHYNA SEFIA and Ariefa, Primair Yani and Mellyta, Uliyandari (2022) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI SMPN 9 KOTA BENGKULU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi-dhyna sefia mauren-A1M018015 .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif ,karena penelitian ini bersifat mengkaji atau menggambarkan keadaan atau kondisi yang ada dilapangan. Penelitian deskriptif kuantitatif tidak perlu mencari atau menerangkan hubungan antara variabel, menguji hipotesis dan lain sebagianya. Penelitian deskriptif kuantitatif hanya mencoba menggambarkan apa adanya. Jenis penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dengan melihat pada 4 aspek utama yakni memahami masalah, memberikan argumen, melakukan induksi, dan mengambil keputusan dalam menyelesaikan soal uraian seputar materi pencemaran lingkungan tujuan penelitian ini untuk Mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa ke VII di SMPN 9 Kota Bengkulu dalam pembelajaran IPA pada Materi Pencemaran Lingkungan. Berdasarkan hasil data siswa bahwa secara umum keterampilan berpikir kritis siswa SMP Negeri 9 Kota Bengkulu berada pada kategori rendah yakni sebesar 0,42% dimana hampir dari setengah partisipan berada pada kategori ini. Peringkat kedua ada pada kategori sedang sebesar 0,30%, disusul oleh kategori tinggi sebesar 0,25%, dan persentase paling rendah adalah kategori sangat tinggi 0,03%. Dari hasil analisis data yang telah diteliti, dapat ditarik kesimpulan dari keterampilan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan, yaitu nilai rata-rata indikator dengan rata-rata 60,63% dan dengan kategori rendah. Kata kunci : Analisis, Berpikir Siswa, Pencemaran Lingkungan,SMPN 9 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:14
Last Modified: 10 Oct 2023 08:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16879

Actions (login required)

View Item View Item