PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY PHET PADA MATERI KALOR UNTUK SMP KELAS VII

PANGESTI, FEBRIANTIKA PUTRI and Bhakti, Karyadi and Mellyta, Uliyandari (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY PHET PADA MATERI KALOR UNTUK SMP KELAS VII. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-FEBRIANTIKA PUTRIII.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis discovery learning berbantuan virtual laboratory PhET pada materi kalor untuk SMP kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) model 4-D, dengan pembatasan isi pada tahap develop yaitu uji penggunaan produk secara terbatas oleh peserta didik, sedangkan tahap disseminate yaitu penyebaran hasil penelitian yang dipublikasi dalam jurnal ilmiah dan sosial media berupa link. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket yang diberikan kepada guru dan peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik untuk mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap E�LKPD yang dikembangkan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Validasi produk E-LKPD dilakukan oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan 2 praktisi. Uji penggunaan E-LKPD dilakukan di SMPN 1 Kota Bengkulu dengan subyek penelitian yang terdiri dari 20 peserta didik kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata penilaian sebesar 0,97 dalam kategori validitas tinggi. Sedangkan respon peserta didik terhadap bahan ajar E-LKPD diperoleh persentase rata-rata sebesar 94,32% dalam kategori sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak oleh tim ahli dan mendapat respon positif dari peserta didik untuk dilanjutkan dalam uji coba skala luas untuk melihat efektivitas produk. Kata kunci : Articulate Storyline, Discovery Learning, E-LKPD, Virtual Laboratory PhET.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:39
Last Modified: 10 Oct 2023 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16882

Actions (login required)

View Item View Item