PENGEMBANGAN E-KOMIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK PESERTA DIDIK SMP

PUYANTI, PUYANTI and Bhakti, Karyadi and Nirwana, Nirwana (2022) PENGEMBANGAN E-KOMIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-PUYANTI-PENDIDIKAN IPA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-komik berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Sistem Pencernaan Manusia yang tervalidasi oleh para ahli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, Define, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Teknik analisis validasi yang digunakan adalah formula Aiken V. Hasil penelitian ini berupa pengembangan e-komik berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Sistem Pencernaan Manusia untuk peserta didik SMP. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, media dan ahli praktis dapat dinyatakan bahwa bahan ajar e-komik sangat valid yang ditunjukkan dengan masing-masing skor 0,97 oleh ahli materi, ahli media 0,95, dan praktisi 1,00 dengan total rata-rata 0,93. Hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar e-komik pada masing-masing aspek memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,52% pada aspek materi, 92,52% aspek tampilan dan 90,28 aspek bahasa dengan kategori sangat baik, yang artinya bahan ajar e-komik yang dikembangkan mendapat respon positif dari sebagian besar peserta didik SMP kelas VIII. Kata Kunci: CTL, E-komik, pencernaan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:55
Last Modified: 10 Oct 2023 08:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16883

Actions (login required)

View Item View Item