PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD BERBANTUAN MIND MAPPING DI KELAS 8 SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

GINTING, ALIYA MONIKA BR and Saleh, Haji and Hari, Sumardi (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD BERBANTUAN MIND MAPPING DI KELAS 8 SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ALIYA MONIKA BR GINTING_A1C018056_PENDIDIKAN MATEMATIKA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir reflektif peserta didik melalui model Cooperative Learning tipe STAD berbantuan Mind Mapping di Kelas 8 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H berjumlah 19 orang sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian dilakukan 3 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas sampel. Data hasil penelitian menunjukkan untuk hasil belajar menggunakan uji-t didapatkan nilai maka disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir reflektif peserta didik melalui model Cooperative Learning Tipe STAD berbantuan Mind Mapping di kelas 8 SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Kata kunci: Berpikir Reflektif, Cooperative Learning Tipe STAD, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:35
Last Modified: 11 Oct 2023 01:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16886

Actions (login required)

View Item View Item