ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP DI KABUPATEN REJANG LEBONG

ANGGRAINI, AMELIA and Zamzaili, Zamzaili and Saleh, Haji (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP DI KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Amelia anggraini_A1C018065_Pendidikan Matematika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal Open-Ended materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP di Kabupaten Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Seluru sampel penelitian sebanyak 52 orang siswa kelas VIII yaitu, 24 siswa kelas VIII SMP IT Rabbi Radiya (Akreditasi A) , 23 siswa SMP IT Khoiru Ummah (Akreditasi B), dan 5 siswa MTs Tarbiyah Islamiyah (Akreditasi C) tahun ajaran 2021/2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku Mudah Belajar Matematika 2 kelas VIII SMP/MTs hal 183-208. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebaran kemampuan berpikir kreatif sudah cukup baik hanya saja tidak merata pada setiap sekolah dengan akreditasi C. Dengan skor rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif tertinggi pada sekolah dengan akreditasi B mencapai 58%, sekolah dengan akreditasi A mencapai 46% dan sekolah dengan akreditasi C mencapai 14%. Dimana rata-rata indikator kemampuan berpikir kreatif yang dicapai di Kabupaten Rejang Lebong adalah 90% pada indikator fluency, 26% flexibility, 20% originality, 35% elaboration. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif; Soal Open-ended; Bangun Ruang Sisi Datar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:54
Last Modified: 11 Oct 2023 01:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16887

Actions (login required)

View Item View Item