PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAPHASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA PADA MATERIARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DISMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

SAPUTRI, RAMA NIA and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAPHASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA PADA MATERIARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DISMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C018049_Rama Nia Saputri_Angkatan 2018_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi arimetika sosial kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini terdiri dari kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran Ekspositori. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis tes akhir posttest. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai , yakni dan nilai signifikan (2-tailed) lebih besar dari taraf signifikan yakni . Adapun Nilai rata�rata hasil belajar kelas eksperimen yang diperoleh yakni 64,85 dan hasil belajar dari kelas kontrol yang diperoleh yakni 49,44. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi arimetika sosial kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu yang dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar matematika. Kata Kunci : Discovery Learning, Eksperimen Semu, Ekspositori, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:27
Last Modified: 11 Oct 2023 06:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16904

Actions (login required)

View Item View Item