ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU MATEMATIKA KELAS VII SMP/MTS KURIKULUM 2013 MATERI BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

ADDINI, PINASTI AMALIA and Nurul, Astuty Yensy B and Ringki, Agustinsa (2022) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU MATEMATIKA KELAS VII SMP/MTS KURIKULUM 2013 MATERI BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Pinasti Amalia Addini_A1C016036_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal latihan dan uji kompetensi pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP/MTs pada Buku Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Kemendikbud berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan hanya pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari C1 (Mengingat), C2 (Memahami), C3 (Mengaplikasikan), C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mencipta). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah soal�soal latihan dan uji kompetensi (uraian dan pilihan ganda) pada buku matematika kelas VII terbitan Kemendikbud dengan pokok bahasan bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal latihan bentuk aljabar memuat tingkat kognitif C1 dengan persentase 8,16% (8 soal), C2 dengan persentase 20,41% (20 soal), C3 dengan persentase 68,37% (67 soal), C4 dengan persentase 1,02% (1 soal), C5 dengan persentase 2,04% (2 soal), dan C6 dengan persentase 0%; soal uji kompetensi pilihan ganda memuat tingkat kognitif C1 dengan persentase 5,88% (1 soal), C2 dengan persentase 0%, C3 dengan persentase 94,12% (16 soal, C4, dengan persentase 0%, C5 dengan persentase 0%, dan C6 dengan persentase 0%; uji kompetensi uraian memuat tingkat kognitif C1 dengan persentase 5,88% (1 soal), C2 dengan persentase 11,76% (2 soal), C3 dengan persentase 70,60% (12 soal), C4 dengan persentase 11,76% (2 soal), C5 dengan persentase 0%, dan C6 dengan persentase 0%. Kata kunci: Analisis Soal, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:02
Last Modified: 11 Oct 2023 07:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item