DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

ZAYADI, RAHMAT and Nur, Aliyyah Irsal and Teddy, Alfra Siagian (2022) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
RAHMAT ZAYADI_SKRIPSI_A1C018004_PEND. MATEMATIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta faktor penyebab yang terjadi pada peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi garis singgung persekutuan dua lingkaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes diagnostik dan wawancara diagnostik. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas IX-G dan kelas IX-H SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 44 peserta didik. Tes diagnostik berupa ujian tertulis yang terdiri dari 5 soal uraian yang telah valid berdasarkan validasi oleh validator dengan perhitungan Aiken’s V. Tes diagnostik diberikan kepada seluruh peserta didik, sedangkan wawancara dilakukan kepada peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik berupa kesalahan konsep dengan rata-rata 57,27%, kesalahan interpretasi bahasa dengan rata-rata 16,82%, kesalahan prosedur dengan rata-rata 26,82%, dan kesalahan berhitung dengan rata-rata 12,94%, 2) faktor penyebab terjadinya kesalahan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal tes yaitu berupa faktor internal dengan rata-rata 87,88% yang terdiri dari faktor ketelitian, minat, dan kemampuan dasar. Kesalahan yang terjadi dapat dikurangi dengan menekan faktor penyebabnya. Kata Kunci : Deskriptif, Diagnosis Kesalahan Siswa, Kualitatif, Soal Uraian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:13
Last Modified: 11 Oct 2023 07:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16908

Actions (login required)

View Item View Item