DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 04 BENGKULU UTARA

SITA, RENI LARAS and Ringki, Agustinsa and Teddy, Alfra Siagian (2022) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 04 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
RENI LARAS SITA_A1C018009_Pend.Matematika_SKRIPSI CETAK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Bengkulu Utara dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras dan mengindentifikasi faktor – faktor apa saja yang menyebabkan kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Bengkulu Utara dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 dan VIII 2 SMP Negeri 04 Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes tertulis dan wawancara, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes diagnostik dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik berupa: a) kesalahan konsep sebesar 46,7% b) Kesalahan komputasi sebesar 19%, dan c) kesalahan prosedur sebesar 72,5%. 2) faktor – faktor yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan teorema Pythagoras yaitu berupa berupa kurang paham konsep penyederhanaan akar dengan rata-rata sebesar 25%, kurang paham menentukan sisi-sisi pada segitiga siku-siku dengan rata-rata sebesar 35%, tidak hafal perkalian dengan rata�rata sebesar 50%, lupa arah mata angin dengan rata-rata sebesar 50% , kurang teliti dengan rata-rata sebesar 40%, dan faktor terburu-buru dengan rata-rata sebesar 35%. Kata kunci: deskriptif, diagnosis, kesalahan, Teorema pythagoras

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:28
Last Modified: 11 Oct 2023 08:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item