ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU MATEMATIKA KELAS VII REVISI 2016 MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

SAFIRA, ADINDA RIZKY and Ringki, Agustinsa and Nurul, Astuty Yensy B (2022) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU MATEMATIKA KELAS VII REVISI 2016 MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ADINDA RIZKY SAFIRA (PENDIDIKAN MATEMATIKA).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal pada Buku Matematika Kelas VII Revisi 2016 Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom yang digunakan adalah taksonomi bloom revisi dengan dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah soal uji kompetensi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang terdapat pada buku teks matematika siswa kelas VII. Penelitian dilaksanakan dengan metode pengumpulan data dokumentasi serta menggunakan instrument penelitian berupa lembar analisis dan lembar kesesuaian analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran tingkat kognitif soal pada uji kompetensi pilihan ganda adalah C1 (0%), C2 (40%), C3 (45%), C4 (15%), C5 (0%), dan C6 (0%). Sedangkan soal uji kompetensi esai adalah C1 (0%), C2 (30,8%), C3 (57,7%), C4 (11,5%), C5 (0%), dan C6 (0%). Kata kunci: Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Soal Uji Kompetensi, Buku Teks Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:47
Last Modified: 11 Oct 2023 08:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16911

Actions (login required)

View Item View Item