EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL KONVENSIONAL DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

SARI, ANGELINA NOVITA and Hanifah, Hanifah and Nur, Aliyyah Irsal (2022) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL KONVENSIONAL DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ANGELINA NOVITA SARI (A1C018059).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Discovery Learning lebih efektif dibandingkan model konvensional pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 18 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling daerah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest dan posttest yang berbentuk soal uraian. Teknik pengolahan data menggunakan software SPSS. Hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung > ttabel (3,672 > 1,669) dan nilai signifikan = 0,001 < taraf signifikan (α) = 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil perhitungan N-Gain pada kelas eksperimen Discovery Learning diperoleh hasil sebesar 0,82 dan N-Gain pada kelas eksperimen konvesional sebesar 0,77 artinya kemampuan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2. Kesimpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran Discovery Learning lebih efektif dari model konvensional pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 18 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Discovery Learning, Pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:59
Last Modified: 11 Oct 2023 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16912

Actions (login required)

View Item View Item