PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

SAFITRI, AULIA and Nurul, Astuty Yensy B and Teddy, Alfra Siagian (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AULIA SAFITRI (A1C018039).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Realistic Mathematic Education pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menerapkan 4 tahapan dari model 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis RME memenuhi kategori: (1) valid berdasarkan 29 aspek penilaian yang terdiri dari 9 aspek penilaian materi, 14 aspek penilaian konstruksi, dan 6 aspek penilaian bahasa dengan memperoleh kategori valid, (2) Sangat praktis dari 14 aspek penilaian dengan kecenderungan sangat setuju pada aspek penilaian kepraktisan, (3) Efektif dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal memperoleh 82% peserta didik yang tuntas serta hasil perhitungan N gain tes hasil belajar dengan rata-rata N gain 0,78 berada pada kategori ―tinggi‖. Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, RME

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:07
Last Modified: 11 Oct 2023 09:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16913

Actions (login required)

View Item View Item