ANALISIS PROGRAM JUAL BELI BARANG BEKAS BERQUALITAS (BBQ) DILIHAT DARI ASPEK KEWIRAUSAHAAN DAN MANFAAT BAGI MASYARAKAT (STUDI KASUS RUMAH ALQURAN ATTARTIL KOTA BENGKULU)

Saputra, Pentri Yuyu Angga and Mochammad, Ridwan and Bambang, Agoes Hermanto (2023) ANALISIS PROGRAM JUAL BELI BARANG BEKAS BERQUALITAS (BBQ) DILIHAT DARI ASPEK KEWIRAUSAHAAN DAN MANFAAT BAGI MASYARAKAT (STUDI KASUS RUMAH ALQURAN ATTARTIL KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Pentri Yuyu Angga Saputra - Aa Angga Saputra.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Barang Bekas BerQualitas (BBQ) merupakan salah satu program sosial yang dilakukan oleh Rumah Alquran Attartil dengan mengumpulkan barang yang masih layak pakai dari para donatur untuk di jual dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Namun pada proses penjualan barang bekas berkualitas ini masih ditemukan kendala yaitu penjualan yang hanya dilakukan setiap hari Minggu sehingga membuat pakaian yang masuk terus bertambah dan barang yang lama masih belum terjual. Hal ini mengakibatkan pakaian yang belum terjual menumpuk di gudang. Selain itu kualitas barang yang menurun juga menyebabkan minat pembeli untuk membeli barang tersebut pun juga berkurang. Peneliti melihat bahwa program ini memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha mandiri dalam bentuk toko Barang Bekas Berqualitas serta bisa dikembangkan menjadi penyedia barang untuk reseller dari luar Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Program Barang Bekas BerQualitas (BBQ) dilihat dari aspek kewirausahaan serta untuk mengetahui manfaat Program Barang Bekas BerQualitas (BBQ) bagi masyarakat Kelurahan Pematang Gubernur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menyebarluaskan informasi tentang salah satu program sosial yang dilaksanakan oleh Rumah Alquran Attartil yakni Barang Bekas BerQualitas (BBQ) serta membantu mengidentifikasi aspek kewirausahan dari program tersebut sehingga program ini bisa dikembangkan kedepannya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini akan mendeskripsikan aspek kewirausahaan dan manfaat apa yang saja yang dirasakan masyarakat dari program Barang Bekas Berqualitas (BBQ) yang didapatkan melalui observasi langsung dan wawancara. Hasil dari penelitian ini ada 2 yaitu: pertama, dilihat dari aspek kewirausahaan rata-rata pengurus program BBQ memiliki aspek percaya diri yang kuat (sebanyak 67%), memiliki orientasi yang kuat terhadap tugas dan hasil (sebanyak 100%), memiliki keberanian yang kuat dalam mengambil resiko (sebanyak 100%), memiliki kepemimpinan yang kuat (sebanyak 67%), memiliki orientasi yang sangat kuat ke masa depan (sebanyak 67%), memiliki aspek keorisinalan yang sangat kuat (sebanyak 67%) dalam menggerakkan program BBQ. Kedua, manfaat Program Barang Bekas BerQualitas (BBQ) bagi masyarakat Kelurahan Pematang Gubernur yakni: 1) Dapat memenuhi kebutuhan sandang masyarakat; 2) Sebagai pemberian kepada keluarga dan saudara; 3) Memiliki nilai ekonomi; 4) Mudah dalam mendapatkan barang yang berkualitas; 5) Mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga yang murah; 6) Mudah mendapatkan informasi tempat menjual barang bekas yang masih berkualitas, 7) Puas dalam berbelanja dan memilih barang. Kata Kunci: Analisis, Aspek Kewirausahaan, Barang Bekas Berqualitas, Manfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:38
Last Modified: 12 Oct 2023 01:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16916

Actions (login required)

View Item View Item