PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Studi Kasus Pada PT. Jatropa Solution, Desa Tanjung Aur II, Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan)

Alisia, Ayu Sandova and Basuki, Sigit Priyono and Irnad, Irnad (2020) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Studi Kasus Pada PT. Jatropa Solution, Desa Tanjung Aur II, Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI Alisia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Persepsi masyarakat tentang keberadaan perkebunan kelapa sawit (PT Jatropha Solutions) didasarkan berbagai alasan, pandangan dan faktor yang terjadi terhadap keberadaan PT. Jatropha tersebut. Munculnya persepsi masyarakat pada perkebunan kelapa sawit tersebut dikarenakan dampak yang dirasakan bagi masyarakat desa Tanjung Aur II ini. Dampak yang terjadi pada desa ini, baik dampak positif maupun yang dampak negatif. Diduga beberapa Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat desa ini sebagi berikut: umur, pendidikan, jarak tempat tinggal, pendapatan dan kosmopolitan. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (Purposive) yaitu di Desa Tanjung Aur II, yang berdekatan dengan salah satu perkerbunan kelapa sawit yaitu PT. Jatropha Sulotions. Dalam penelitian ini digunakan metode sensus dengan responden adalah seluruh anggota populasi. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Pengukuran persepsi tersebut menggunakan Skala Likert, kemudian jumlah total skor dari tiap responden dikategorikan menjadi tiga katagori yaitu buruk, netral dan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengolahan data kuantatif yaitu menyangkut pengolahan data kuisioner dengan menggunakan analisis Rank Spearman. Untuk pengujian ada hubungan nyata atau tidak maka digunakan uji t dikarenakan sampel yang diambil lebih dari 10 (n>10), dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil t hitung kemudian dibandingkan dengan t table yang digunakan dalam memutuskan apakah pendapat diterima atau ditolak. Persepsi masyarakat terhadap keberadaan perkebunan kelapa sawit (PT. Jatropha Solutions) cenderung netral. Hal ini terbukti dari tiga katagori persepsi masyarakat terhadap keberadaan perkebunan kelapa sawit yang memberikan nilai hasil pesentase tertinggi pada kategori netral yaitu terhadap aspek lingkungan yang berjumlah 42,62%, dan ekonomi berjumlah 50,85%. Sementara aspek sosial persepsi masyarakat termasuk kedalam kategori buruk sebanyak 44,26%. Faktor yang berhubungan nyata dengan persepsi masyarakat terhadap keberadaan perkebunan kelapa sawit (PT. Jatropha Solutions) yaitu pendapatan dan jarak tempat tinggal, sementari faktor umur, pendidikan dan kosmopolitan tidak terdapat hubungan nyata. Kata kunci : Persepsi Masyarakat, PT. Jatropha Solutions, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Persepsi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:41
Last Modified: 12 Oct 2023 01:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16917

Actions (login required)

View Item View Item