ANALISIS KINERJA FINANSIAL USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR DI KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS, KABUPATEN PADANG PARIAMAN, PROVINSI SUMATERA BARAT (Studi Kasus di Peternakan Aras Koko Farm)

Andri, Sutikno and Satria, Putra Utama and Irnad, Irnad (2020) ANALISIS KINERJA FINANSIAL USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR DI KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS, KABUPATEN PADANG PARIAMAN, PROVINSI SUMATERA BARAT (Studi Kasus di Peternakan Aras Koko Farm). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FULL FORMAT FAKULTAS FIX 2.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peternakan merupakan salah satu sektor pertanian sebagai penyedia protein hewani seperti ikan, daging, telur, dan susu. Peternakan Ayam petelur Aras Koko Farm adalah usaha peternakan yang di pimpin Bapak Hafrizal yang memulai usahanya sejak 1994 dengan jumlah populasi ayam 1.750 Ekor ayam yang di kelola sendiri. Pada tahun 2008 sampai tahun 2012 usaha Peternakan Ayam petelur Aras Koko Farm memiliki jumlah populasi ayam mencapai 48.000 ekor dengan luas lahan usaha 2 Ha. Pada tahun berikutnya 2013 sampai dengan tahun 2018 ayam petelur mengalami kemunduran produksi di karenakan ayam afkir. Pada tahun 2019 total populasi ayam petelur berjumlah 15.000 ekor. Penurunan jumlah populasi ayam petelur dikhawatirkan dapat menganggu kinerja usaha Peternakan Ayam petelur Aras Koko Farm sehingga, perlu adanya analisis finansial untuk mengetahui perkembangan usaha. Untuk mengukur tingkat kesehatan keuangan suatu usaha dapat mengunakan alat analisis yaitu analisis finansial usaha Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui kinerja finansial usaha peternakan Aras Koko Farm dengan menghitung harga pokok produksi telur (HPP), mengetahui kinerja finansial usaha peternakan Aras Koko Farm dengan menghitung laporan laba rugi(L/R) dan neraca dan mengetahui kinerja keuangan usaha Peternakan Ayam petelur Aras Koko Farm dengan menggunakan analisis rasio keuanga (Rentabilitas, Likuiditas, dan Solvabilitas. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perhitungan harga pokok produksi (HPP) pada penelitian ini mengunakan metode variabel costing, dari hasil perhitungan didapatkan haraga pokok produksi telur di bawah harga jual yang berlaku maka usaha peternakan telah memperoleh laba. Perhitungan laba rugi pada peternakan Aras Koko Farm bernilai „ positif‟, ini berarti usaha peternakan Aras Koko Farm mengalami keuntungan sebesar Rp1.141.169.884,00/ musim produksi.Perhitungan rasio likuiditas dengan mengunakan rasio lancar pada peternakan Aras Koko Farm nilai rasio lancar sebesar 650%, termasuk dalam kategori sangat tidak baik atau over likuid yang artinya perusahaan mampu memnuhi kewajiban jangka panjang tetapi belum efisien dalam mengelola akitva lancar. Perhitungan rasio solvabilitas dengan mengunakan rasio debt to assets ratio dan debt to equity ratio menunjukkan bahwa usaha dalam keadaan solvable yang artinya peternakan mampu memenuhi semua kewajibanya dengan aktiva dan modal yang dimiliki peternakan. Perhitungan rasio rentabilitas dengan mengunakan rasio net present value, rasio return on asset dan rasio retun on equity menunjukkan usaha peternakan dalam keadaan baik, artinya peternakan telah mampu menngelola modal dan aktiva dengan efisien untuk mendapatkan laba. Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Harga Pokok Produksi, Laporan Rugi Laba dan Neraca, Rasio Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:10
Last Modified: 12 Oct 2023 02:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16920

Actions (login required)

View Item View Item