KINERJA FINANSIAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi Kasus Usaha Pengolahan Ikan Kering di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu)

Cesa, Sri Wulandari and Sriyoto, Sriyoto and Ketut, Sukiyono (2020) KINERJA FINANSIAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi Kasus Usaha Pengolahan Ikan Kering di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi full Cesa Sri Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perikanan di Kota Bengkulu memiliki potensi usaha yang dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya adalah usaha pengolahan ikan kering. Namun dalam suatu usaha tentu memberikan kerugian dan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja finansial serta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada usaha pengolahan ikan kering di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu yang diukur dari tingkat keuntungan dan R/C Ratio. Penelitian dilakukan dalam waktu satu bulan, yaitu pada tanggal 16 Mei – 16 Juni 2019. Metode pengambilan sampel dalam penelitian in menggunakan metode sensus, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Responden dalam penelitian ini sebanyak 120 pengrajin ikan kering. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis keuntungan, R/C Ratio, dan Regresi Linier Berganda (Multiple Regression) dalam bentuk Double-Log dengan menggunakan alat bantu Shazam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keuntungan dalam satu kali proses produksi usaha pengolahan ikan kering sebesar Rp 529.185, sementara rata-rata R/C Ratio dalam satu kali proses produksi sebesar 2, yang menunjukkan bahwa usaha pengolahan ikan kering di Kelurahan Sumber Jaya layak untuk dikembangkan. Secara serempak variabel umur (X1), lama usaha (X2), skala usaha (X3), karakteristik entrepreneur (D1), inovasi (D2), kualitas SDM (D3) dan karakteristik UKM (D4) berpengaruh nyata terhadap kinerja finansial usaha pengolahan ikan kering. Namun secara parsial hanya variabel umur dan skala usaha yang berpengaruh nyata terhadap tingkat keuntungan usaha pengolahan ikan kering, selain itu untuk variabel skala usaha dan karakteristik entrepreneur yang secara parsial berpengaruh nyata terhadap tingkat efisiensi usaha pengolahan ikan kering. Kata Kunci : Ikan Kering, Kinerja Finansial, Keuntungan, R/C Ratio

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:52
Last Modified: 12 Oct 2023 02:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16922

Actions (login required)

View Item View Item