DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU

CAROLINA, MELANI and Ringki, Agustinsa and Tria, Utari (2022) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Melani Carolina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan serta faktor penyebab yang dilakukan peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes diagnostik dan wawancara diagnostik. Subjek penelitian ini ialah kelas IV A SD Negeri 69 Kota Bengkulu yang berjumlah 22 peserta didik. Tes diagnostik berupa ujian tertulis yang terdiri dari 5 soal yang telah valid berdasarkan perhitungan Aiken’s V. Tes diagnostik diberikan kepada seluruh peserta didik, sedangkan wawancara diagnostik dilakukan kepada peserta didik yang melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal tes yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kesalahan konsep dengan rata-rata 48,16% untuk setiap soal, Kesalahan interpretasi bahasa dengan rata-rata 11,35% untuk setiap soal, Kesalahan prosedur dengan rata-rata 86,1 untuk setiap soal, dan Kesalahan berhitung dengan rata-rata 34,8% untuk setiap soal, Kata Kunci : Deskriptif, Diagnosis Kesalahan Peserta Didik, Kualitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:09
Last Modified: 12 Oct 2023 03:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16925

Actions (login required)

View Item View Item