ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA BERWIRAUSAHA MENGGUNAKAN E-COMMERCE (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bengkulu)

Faiza, Zuratul and Azansyah, Septriani and Lela, Agoes Hermanto (2022) ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA BERWIRAUSAHA MENGGUNAKAN E-COMMERCE (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Zuratul Faiza - zuratul faiza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Semakin berkembangnya zaman saat ini, menekankan agar untuk lebih tanggap dalam beradaptasi dengan masyarakat sosial. Perkembangan ilmu teknologi, sosial bahkan ekonomi sangat menentukan kesejahteraan masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Perkembangan internet sudah memungkinkan berbagai macam jenis teknologi untuk membantu komunikasi pada bentuk elektronika, yaitu bisnis e-commerce. Universitas Bengkulu mamasuk kan materi kewirausahaan sebagai salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa selama studinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa berwirausaha menggunakan e-commerce dengan variabel fasilitas, modal, motivasi. Penelitian ini dilakukan di Universitas Bengkulu mengambil 100 mahasiswa yang berwirausaha menggunakan e-commerce, menggunakan teknik snowball random sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dalam penelitian ini dapat disimpulan persepsi mahasiswa berwirausaha menggunakan e-commerce adalah mahasiswa sangat setuju bahwasannya jika berwirausaha menggunakan e-commerce ini sangat memudahkan mereka dalam segala aspek terutama dalam hal fasilitas yang memudahkan mereka untuk berwirausaha, modal yang sangat dibutuhkan dan dengan modal yang tidak terlalu besar juga sudah bisa untuk mereka memulai berwirausaha menggunakan e-commerce, tetapi motivasi yang masih sangat kurang untuk mereka memulai berwirausaha, masih kurangnya kemauan mereka untuk memulai berwirausaha karena belum mengetahui keuntungan yang bisa mereka dapatkan. mahasiswa harus bergerak untuk memulai berwirausaha dan melihat beberapa temannya yang berwirausaha dan menggunakan e-commerce sehingga juga bisa menimbulkan rasa keinginannya untuk bergabung dan berwirausaha agar bisa memperoleh keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal adalah yang paling menentukan mahasiswa untuk berwirausaha. Dalam analisisnpenelitian ini persepsi mahasiswa terhadap variabel yang ada dalam berwirausaha menggunakan e-commerce yaitu variabel fasilitas dengannnilai rata-rata yaitu 3,81 diikutinmodal dengan rata-rata terbesar 3,87, dan motivasi yang paling terkecil yaitu 3,66. Terlepas dari hasil penelitian tersebut, yang pasti setidaknya sudah ada 100 mahasiswa yang sudah menciptakan kesempatan kerja baru, penghasilan baru, dan pengalaman bagi mereka untuk berwirausaha setelah mereka lulus nantinya dan merekapun telah berkontribusi untuk perekonomian setidaknya di daerah Bengkulu dan bermanfaat bagi Pembangunan ekonomi untuk kedepan nya. Kata kunci : Berwirausaha, e-commerce, fasilitas, modal, motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:08
Last Modified: 18 Oct 2023 01:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16928

Actions (login required)

View Item View Item