PERANAN KELOMPOK TANI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI DESA PERBO KECAMATAN KERKAP KABUPATEN BENGKULU UTARA

Desti, Rivani and Reswita, Reswita and Nyayu, Neti Arianti (2020) PERANAN KELOMPOK TANI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA DI DESA PERBO KECAMATAN KERKAP KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
SKRIPSI FULL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tanaman pangan merupakan subsektor petanian yang kedudukannya menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung kegiatan perekonomian di Indonesia,tanaman pangan yang dimaksud adalah jagung. Salah satu cara membantu petani jagung lebih baik dan efisien dalam memanajemen kegiatan usahataninya, secara tidak langsung berdampak pada peningkatan pendapatan petani yang akhirnya akan memperbaiki kesejahteraan para petani tersebut. Bukan hanya itu, mengingat jumlah petani yang cukup banyak, upaya yang dilakukan untuk dapat mengkoordinir petani secara menyeluruh dibentuklah sebuah lembaga petani yaitu kelompok tani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Peranan kelompok tani terhadap usahatani jagung hibrida di Desa Perbo Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara, 2) besarnya pendapatan usahatani jagung hibrida anggota dan non anggota kelompok tani di Desa Perbo Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara, 3) perbedaan rata-rata pendapatan usahatani jagung pipilan anggota dan non anggota kelompok tani di Desa Perbo Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Metode penentuan daerah dilakukan dengan cara sengaja (purposive) di Desa Perbo dengan jumlah responden anggota kelompok tani sebanyak 48 orang tani sebanyak 50 orang dan non anggota kelompok. Penentuan responden dilakukan dengan metode slovin. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang berasal dari wawancara langsung menggunakan kuisisoner dan observasi. Metode analisis data antara lain: 1) analisis peranan kelompok tani, 2) analisis pendapatan, 3) analisis perbedaan pendapatan. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu 1) rata-rata peran kelompok tani sebagai kelas belajar sebesar 3,77 dengan kategori tinggi. 2) Pendapatan anggota kelompok tani sebesar Rp 8.001.003/ Ha dan non anggota kelompok tani Rp 7.521.887/Ha. 3) Hasil uji beda pendapatan yang dilakukan pada anggota kelompok tani diperoleh t hitung sebesar 2.294,28 angka tersebut lebih besar dari nilai t tabel 1,98447. Kata Kunci: Peranan, Pendapatan, Jagung Hibrida.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:03
Last Modified: 12 Oct 2023 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16931

Actions (login required)

View Item View Item