PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BENGKULU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

BUDIMAN, AWANG and Teddy, Alfra Siagian and Edi, Susanto (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BENGKULU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Awang Budiman_A1C018025.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik model Problem Based Learning dengan konteks Bengkulu pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menerapkan model pengembangan 4D dengan 4 tahapan yaitu, define, design, develop dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik model Problem Based Learning dengan konteks Bengkulu pada materi bangun ruang sisi datar termasuk dalam kategori : (1) sangat valid berdasarkan 44 aspek penilaian dengan memperoleh kecenderungan sangat setuju dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi menunjukkan : (a) pada validasi materi lembar kerja peserta didik telah sesuai dengan materi bangun ruang sisi datar, sintaks Problem Based Learning dan berkonteks Bengkulu, (b) tulisan, gambar, dan desain pada lembar kerja peserta didik menarik sehingga mudah digunakan pada validasi konstruksi, (c) kalimat yang digunakan sederhana, mudah dipahami dan jelas serta penggunaan tanda baca yang tepat pada validasi bahasa, (2) sangat praktis dari 12 aspek penilaian dengan kecenderungan sangat setuju yang didapat dari petunjuk pengguna, langkah-langkah, dan permasalahan pada lembar kerja peserta didik mudah dipahami dan mudah digunakan, (3) Efektif berdasarkan hasil perhitungan N Gain kemampuan pemahaman konsep matematis dengan skor rata-rata 0,83 berada pada kategori tinggi dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik sebesar 87% tuntas KKM. Kata Kunci: Konteks Bengkulu, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:56
Last Modified: 12 Oct 2023 06:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16937

Actions (login required)

View Item View Item