PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

AGINDA, MENTARI MUGHNI and Ringki, Agustinsa and Nurul, Astuty Yensy B (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_MENTARI MUGHNI AGINDA_A1C018032.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan desain one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Sampel penelitian adalah satu kelas eksperimen yang dipilih secara purposive sampling yaitu kelas VIII G yang terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < taraf signifikan (α) = 0,05 dan didukung oleh nilai N-Gain sebesar 0,706 dengan tafsiran cukup efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Negeri 2 Kota Bengkulu dan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Connecting, Organizing, Reflecting, Extending, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:38
Last Modified: 13 Oct 2023 01:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16945

Actions (login required)

View Item View Item