ANALISIS PENDAPATAN USAHA PENANGKAPAN DAN PENGOLAHAN IKAN AIR TAWAR DI DESA MUARA SANTAN KECAMATAN NAPAL PUTIH KABUPATEN BENGKULU UTARA

Enggar, Saputra and Agus, Purwoko and Melly, Suryanti (2020) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PENANGKAPAN DAN PENGOLAHAN IKAN AIR TAWAR DI DESA MUARA SANTAN KECAMATAN NAPAL PUTIH KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
sikripsi jurnal.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (951kB)

Abstract

Nelayan air tawar adalah nelayan yang melakukan penangkapan ikan hanya di perairan tawar. Desa Muara Santan merupakan salah satu sumber mata pencahariannya adalah nelayan air tawar disamping usaha lainnya. Usaha nelayan air tawar dilakukan di dimulai dari muara Ketahun hingga Bendungan Tes Lebong. Usaha nelayan air tawar dikerjakan secara turun-temurun dikarenakan permintaan pasar maupun permintaan konsumen baik dalam skala besar maupun skala rumah tangga. Perairan tawar ini terletak di Kabupaten Bengkulu Utara dimulai dari Bendungan Tes dan bermuara di Ketahun dengan panjang mencapai 122,72 km. Fluktuasi pendapatan nelayan disebabkan oleh adanya faktor musim dan terutama faktor penggunaan alat tangkap. Adapun peralatan tangkap yang di gunakan adalah peralatan tradisional seperti perahu, jala, tajur, tagang, jaring insang dan bubu rotan. Keadaan alat tangkap yang sederhana atau tradisional ini menyebabkan fluktuasinya hasil penangkapan nelayan sehingga mempengaruhi tingkat pendapatan nelayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menganalisis pendapatan usaha penangkapan dan pengolahan ikan air tawar. Penentuan responden dalam penelitian ini adalah nelayan ikan air tawar dengan menggunakan peralatan tangkap tradisional. Penentuan responden pada penelitian ini dilakukan dengan metode sensus dengan jumlah responden 38 reponden. Penelitian ini telah dilaksanakan pada 10 Agustus s/d 10 September 2019. Metode analisis data ialah metode untuk mengetahui besaran biaya, penerimaan dan pendapatan usaha nelayan ikan air tawar. Adapun alat analisis yang digunakan adalah alat analisis usaha tani yaitu TR-TC. Rata-rata pendapatan nelayan air tawar adalah sebesar Rp. 2.249.627,40 per bulan. pendapan tertinggi nelayan hanya mencapai Rp. 3.419.706 per bulan dan terendah sebanyak Rp. 1.519.706 per bulan. Kata kunci: ikan air tawar, analisis pendapatan, pengolahan ikan air tawar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:48
Last Modified: 13 Oct 2023 01:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16946

Actions (login required)

View Item View Item