PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

KHOIRIYAH, MIFTAKHUL JANNAH and Zamzaili, Zamzaili and Hari, Sumardi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Miftakhul Jannah K_2022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negri 17 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random sampling dimana kelas VIII G berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII E berjumalah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar atau posttest yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 58.63 dan kelas kontrol adalah 48.33, kemudian dilakukan uji t-tes one tail diperoleh nilai yakni 2.209 > 1.672. sehingga dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:47
Last Modified: 13 Oct 2023 01:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16947

Actions (login required)

View Item View Item