EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DI KOTA BENGKULU PADA TAHUN 2007-2009

Hamidah, Hamidah and Loesida , Roeliana and Sugeng , Suharto (2011) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DI KOTA BENGKULU PADA TAHUN 2007-2009. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Hamidah FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (794kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Efektivitas Kebijakan Pelayanan Kesehatan Gratis di Kota Bengkulu Pada Tahun 2007-2009. Tujuan penulis skripsi ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang efektivitas kebijakan pelayanan kesehatan gratis di kota Bengkulu dan mekanisme pelaksanan dalam proses pencapaian efektivitas itu tersebut. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menjelaskan kondisi atau fakta temuan yang terjadi di lapangan secara alamiah dengan analisis lebih mendalam mengenai efektivitas pelayanan kesehatan gratis di kota Bengkulu. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah. Dan yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah terdiri dari tiga unsur yakni, dari unsure pejabat pelaksana program yang dalam hal ini adalah pegawai pada Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, dari unsur yang terkena program yaitu pihak puskesmas atau dalam penelitian ini responden dari pihak puskesmas diwakili oleh beberapa kepala puskesmas dan staf di kota Bengkulu, dan dari unsur masyarakat diwakili oleh beberapa masyarakat yang berada di lingkungan puskesmas kota Bengkulu, dan berdasarkan hasil penelitian peneliti di lapangan, pelaksanaan programkesehatan gratis di kota Bengkulu yang merupakan salah-satu pilar Wali Kota Bengkulu masih kurang efektif, hal ini terlihat dari kenyataan di lapangan yang belum sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam Surat Keputusan Wali kota Bengkulu No 62 B Tahun 2008 yang menjadi landasan pelaksananya baik dari mekanisme dan waktu pelayanan karena pihak puskesmas belum mampu melayanani masyarakat dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 19 Nov 2013 10:42
Last Modified: 19 Nov 2013 10:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item