MARTUCILIA, WENNY and Ringki, Agustinsa and Tria, Utari (2022) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_WENNY MARTUCILIA_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Discovery Learning dan metode Ekspositori terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment research) dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Kota Bengkulu dengan dua kelas sampel yang dipilih melalui purposive sampling yaitu kelas VIII 4 (kelas eksperimen) dan VIII 5 (kelas kontrol) yang berjumlah masing-masing 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes hasil belajar. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 54,4 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 34,0. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu pada materi bangun ruang sisi datar dengan model Discovery Learning lebih baik dari hasil belajar matematika metode Ekspositori. Kata Kunci : Discovery Learning, Ekspositori, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 03:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 03:22 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16956 |
Actions (login required)
View Item |