Persepsi Khalayak Terhadap Image Djarum Coklat Dalam Iklan Yang Menggunakan Celebrity Endorser

Sitanggang, Hendrich and Wahyu , Widiastuti and Rasianna, Br Saragih (2011) Persepsi Khalayak Terhadap Image Djarum Coklat Dalam Iklan Yang Menggunakan Celebrity Endorser. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
SKRIPSI HENDRICH SITANGGANG-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Didalam tayangan iklan rokok tidak boleh ditampilkan gambar individu-individu yang sedang mengkonsumsi rokok. Karenanya pengiklan harus bisa mengemas secara kreatif agar khalayak tahu bahwa tayangan iklan yang disaksikan adalah untuk mempromosikan sebuah produk rokok. Djarum Coklat sebagai salah satu produk dari PT. Djarum yang memiliki tayangan iklan komersil yang biasa tayang setelah waktu primetime di stasiun-stasiun televisi mengemas produknya dengan iklan yang bernuansa alam dan pedesaan dengan menggunakan Nidji sebagai celebrity endorser. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi khalayak terhadap produk Djarum Coklat, Nidji, dan iklan televisi Djarum Coklat versi Nidji. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in-depth interview) serta didukung oleh studi pustaka yang relevan dengan penelitian. Penelitian dilakukan di Kecamatan Muara Bangkahulu dari bulan Mei 2010 sampai Juni 2010. Berdasarkan kriteria informan yang dipilih adalah orang–orang yang sering menonton televisi dan mengetahui tayangan iklan Djarum Coklat versi Nidji. Dimana data yang didapat dari informan kemudian dianalisis menggunakan kerangka konsep Teori Persepsi dan Model VisCAP. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi yang muncul terhadap tayangan iklan Djarum Coklat versi Nidji adalah produk untuk masyarakat kalangan menengah kebawah, walaupun ada kecendrungan image dari Nidji akan mengangkat image produk Djarum Coklat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Nov 2013 10:51
Last Modified: 19 Nov 2013 10:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item