MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN ECOPRINT DENGAN TEKNIK POUNDING DI KELOMPOK B PAUD ISLAM INTEGRAL DARUL FIKRI KOTA BENGKULU

Zhafirah, Anisah and Riyanto, Riyanto and Mona, Ardina (2022) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN ECOPRINT DENGAN TEKNIK POUNDING DI KELOMPOK B PAUD ISLAM INTEGRAL DARUL FIKRI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Anisah Zhafirah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan ecoprint dengan teknik pounding di kelompok B PAUD Islam Integral Darul Fikri Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 14 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki 4 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan ecoprint dengan teknik pounding dapat meningkatkan kreativitas anak dari rata-rata siklus I sebesar 3,16 dengan kategori cukup ke rata-rata siklus II sebesar 4,19 dengan kategori baik. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan kegiatan ecoprint dengan teknik pounding dalam pembelajaran tema profesi subtema pengrajin batik, dan untuk kepala sekolah membina kerjasama guru dalam memberi fasilitas media pembelajaran kegiatan ecoprint dengan teknik pounding. Kata Kunci: kreativitas, ecoprint, teknik pounding

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:08
Last Modified: 13 Oct 2023 07:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16963

Actions (login required)

View Item View Item