ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI DESA SERANGAI KECAMATAN BATIK NAU KABUPATEN BENGKULU UTARA

Puma, Valientera Harahap and Redy, Badrudin and Melli, Suryanty (2020) ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI DESA SERANGAI KECAMATAN BATIK NAU KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
SKRIPSI PUMA VALIENTERA NPM E1D015145.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tingkat pendapatan rumah tangga nelayan di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara, dan untukmengetahui tingkat kesejahteraan rumah tangga nelayan di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini dilakukan di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara, dilaksanakan pada 12 Agustus - 12 September 2019. Sampel penelitian ini berjumlah 60nelayan yang dipilih secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah.Metode kuantitatif yang digunakan adalah 1. Analisis pendapatan digunakan untuk mengukur berapa besar pendapatan nelayan di Desa Serangai 2. Kriteria Sajogyo (1997) yang digunakan untuk mengukur tingkat kesejahteraan rumah tangga nelayan di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara dengan pendekatan pengeluaran rumah tangga yang di setarakan dengan Bersa. 3. Upah Minimum Regional (UMR) digunakan untuk melihat tingkat kesejahteraan nelayan dengan pendekatan perbandingan UMR dengan pendapatan rumah tangga nelayan di Desa Serangai. Metode kualitatif didapatkan dari lapangan dengan tujuan memperjelas dan memahami terkait atribut-atribut dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. rata-rata pendapatan rumah tangga nelayan di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara sebesar Rp 3.808.972/bulan atau Rp 1.618.005/kapita/bulan. 2. Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga nelayan di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara Berdasarkan analisis Kriteria Sajogyo dengan pendekatan pengeluaran setara beras menunjukan bahwa rumah tangga nelayan rata-rata Kurang Sejahtera dengan pesentase 46.66%. Sedangkan tingkat kemiskinan berdasarkan UMP (Upah Minimun Provinsi) menunjukan bahwa rumah tangga nelayan di Desa Serangai rata-rata miskin dengan persentase 75%. Dengan rata-rata pendapatan Rp 1.618.005/kapita/bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:52
Last Modified: 13 Oct 2023 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16971

Actions (login required)

View Item View Item