ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELAPA SAWIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN SALURAN PEMASARAN DI DESA LUBUK BENTO KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO

Victor, Carolus Manullang and Septri, Widiono (2020) ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELAPA SAWIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN SALURAN PEMASARAN DI DESA LUBUK BENTO KECAMATAN PONDOK SUGUH KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Tesis)
SKRIPSI VICTOR ( E1D014195).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis saluran pemasaran kelapa sawit dan faktor-faktor yang mempengaruhi petani kelapa sawit dalam memilih saluran pemasaran di Desa Lubuk Bento pada tanggal 10 April-10 Mei 2019. Penelitian menggunakan metode Margin Pemasaran dan Logistic Binary. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran adalah petani menjual langsung produksi kepabrik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah lama pendidikan formal, luas lahan, keoemilikan kendaraan dan persepsi harga. Nilai Distribusi hasil prosuksi kelapa sawit sebesar 122,406,662 kg/Mt. Dari total produksi tersebut sebesar 43,703,833 kg (30,75%) dijual memalui pedagang pengumpul dan sebesar 78,702,829 kg ((69,25%) dijual langsung ke konsumen akhir (pabrik).Untuk margin pemasaran pada pedagang pengumpul berbeda-beda pengepul 1 sebesar 160/kg dengan persentase 13,79%, untuk pengepul 2 sebesar Rp 210/kg dengan persentase 18,10% dan untuk pengepul 3 sebesar Rp 180/kg dengan persentase 15,52%.Hal ini disebab kan karna harga ditingkat pengepul berbeda. Untuk margin pemasaran petani menjual langsung ke pabrik sebesar Rp 1.160/Kg dengan nilai persentase 100%. Hasil Logostic Binary dari tujuh variabel faktor faktor yang mempengaruhi petani memilih saluran pemasaran ada 4 variabel yang berpengaruh positif yaitu. 1. lama pendidikan formal dengan nilai signifikansi 0,092, 2. luas lahan dengan nilai signifikansi 0,034, 3. kepemilikan kendaraan dengan nilai signifikansi 0,078 dan 4. persepsi harga dengan nilai signifikansi sebesar 0,147. Kata kunci: Saluran Pemasaran, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:16
Last Modified: 16 Oct 2023 03:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16976

Actions (login required)

View Item View Item