KENDALA ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD Kasih Ibu Kabupaten Bengkulu Utara)

Anjasti, Dwi and Rambat, Nur Sasongko and Nina, Kurniah (2022) KENDALA ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD Kasih Ibu Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DWI ANJASTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan apa saja kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah pada masa Pandemi Covid 19 Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa orangtua mengalami kendala menyediakan fasilitas anak belajar dari rumah seperti tidak memiliki handphone, akses internet yang sulit dijangkau dan kouta internet yang mahal, orangtua mengalami kendala yang berkaitan dengan metode membimbing anak belajar dari rumah seperti kurangya peran orangtua dalam hal mengevaluasi anak memahami materi yang diberikan oleh guru serta orangtua tidak ada memotivasi anak yang malas dalam belajar daring, orangtua mengalami kendala berkaitan dengan materi seperti kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru dan tidak memiliki waktu yang optimal membimbing anak belajar dan cara orangtua mengatasi kendala yang berkaitan dengan apablia terkendala menyediakan fasilitas anak belajar yaitu meminjam fasilitas seperti hp tersebut kepada saudara, kemudian terkait dengan metode bimbingan orangtua kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru serta cara orangtuua mengatasi lebih ke menerima apa adanya kondisi saat ini. Serta cara orangtua mengatahui anak memahami materi yang disampaikan oleh guru hanya bertanya kepada anak tersebut. Sehingga disarankan untuk peneliti selanjutnya agar lebih mengembangkan penelitian ke tahap selanjutnya dengan metode penelitian yang berbeda. Kata Kunci : Pembelajaran, Daring, Kendala Orangtua , Covid-19, Membimbing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:02
Last Modified: 16 Oct 2023 04:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16982

Actions (login required)

View Item View Item