TINGKAT KEMANDIRIAN SOSIAL ANAK TK KELOMPOK B DITINJAU DARI STATUS PEKERJAAN IBU (Studi Komparatif di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan)

Nadia, Elen Falen and Didik, Suryadi and Indrawati, Indrawati (2022) TINGKAT KEMANDIRIAN SOSIAL ANAK TK KELOMPOK B DITINJAU DARI STATUS PEKERJAAN IBU (Studi Komparatif di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Elen Falen Nadia A1I018018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan tingkat kemandirian sosial anak pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh anak kelompok B di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, dengan total populasi berjumlah 189 anak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif pendekatan komparatif. Sampel penelitian ini sebanyak 57 anak yang diambil dengan teknik Purposive random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket. Berdasarkan pengolahan data hasil perhitungan SPSS versi 16, Pengujian statistik uji t, hasil nilai Thitung sebesar 6,054 dan Ttabel sebesar 2,004, dengan signifikansi sebesar 0,000. Dengan kriteria pengujian jika Thitung > Ttabel dan jika nilai signifikansi < α (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian sosial anak TK kelompok B pada ibu bekerja dan tidak bekerja di TK Se-Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Kata Kunci : Kemandirian Sosial Anak Usia Dini, Ibu Bekerja, Ibu Tidak Bekerja

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:16
Last Modified: 16 Oct 2023 04:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16984

Actions (login required)

View Item View Item