MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI MELALUI TEKNIK KOLASE DENGAN MEDIAAMPAS KELAPA DI KELOMPOK B PAUD TELADAN CURUP SELATAN

Novriyanti, Lisa and Delrefi, Delrefi and Melia, Eka Daryati (2022) MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI MELALUI TEKNIK KOLASE DENGAN MEDIAAMPAS KELAPA DI KELOMPOK B PAUD TELADAN CURUP SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LISA NOVRIYANTI_A1I018069_PGPAUD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas seni pada anak melalui teknik kolase dengan media ampas kelapa di kelompok B PAUD Teladan Curup Selatan. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 16 orang anak yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik kolase dengan media ampas kelapa dapat meningkatkan kreativitas seni anak dari rata-rata siklus I sebesar 3.49 dengan kategori cukup ke rata-rata siklus II sebesar 4.26 dengan kategori baik. Melalui penerapan kegiatan kolase dengan media ampas kelapa ini dapat meningkatkan kreativitas seni yang dilakukan dengan mengkolase 4 kali dalam 2 minggu, dari anak yang kurang kreatif meningkat menjadi anak yang sangat kreatif. Kata Kunci: kreativitas seni, teknik kolase, media ampas kelapa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:28
Last Modified: 16 Oct 2023 08:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16996

Actions (login required)

View Item View Item