Darto, Herwin and Azhar, Marwan and Rasianna, Br Saragih (2010) STRATEGI KOMUNIKASI LEADER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DAN LOYALITAS KELOMPOK JARINGAN MULTI LEVEL MARKETING. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
Text
Skripsi Herwin Darto-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Leader dalam meningkatkan motivasi kerja dan loyalitas kelompok jaringan yang terdiri dari karakteristik Sangunis, Plegmatis, melankolis dan Koleris, penelitian ini berkaitan dengan model komunikasi menurut Berlo yaitu dalam melakukan komunikasi terdiri dari Source, message, channel dan receiver. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi partisipan terhadap kegiatan yang dilakukan MLM Tianshi Bengkulu, Leader dan jaringannya, serta menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua informan yaitu kunci (Leader dalam jaringan MLM Tianshi Bengkulu) dan informan pokok yaitu downline atau anggota jaringan MLM Tianshi Bengkulu serta Informan sumber yaitu Leader dari jaringan berbeda dari informan kunci yang diteliti, informan sumber ini berfungsi sebagai penguji keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan teknik analisa data kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini akan menyajikan data-data hasil wawancara (interview), dokumentasi dan observasi dalam bentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka, kalaupun ada data yang berupa angka-angka sifatnya hanya sebagai penunjang. Hasil penelitian ini menyimpulkan : (1) Leader dalam jaringan MLM Tianshi Bengkulu melakukan strategi komunikasi melalui media pertemuan, melakukan pendekatan secara personal dan melalui media alat bantu buku, kaset dan net-p (2) Strategi komunikasi Leader dalam rangka meningkatkan loyalitas anggota jaringan adalah melalui pendekatan pada tataran kerja dilapangan dimana Leader menyelaraskan antara sikap dengan tindakan atau aksinya. Strategi komunikasi Leader ini dilakukan dengan cara melakukan pendekatan personal berfokus pada prospecting dalam pengembangan jaringan dengan melakukan persentasi pada calon member yang direkomendasikan oleh downlinenya, Leader melakukan pendekatan perosonal berfokus penetapan goals setting anggota jaringan, serta Strategi Leader pada peningkatan kemampuan anggota jaringan dalam melakukan persentasi. upaya itu bertujuan untuk meningkatkan loyalitas anggota jaringan dengan mendorong pertumbuhan jaringan pada MLM Tianshi Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Nov 2013 10:55 |
Last Modified: | 19 Nov 2013 10:55 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1700 |
Actions (login required)
View Item |