HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B DI PAUD SEGUGUS KEMBANG SEPATU KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

ZULIYANI, MAWAR and Nasirun, Nasirun and Wembrayarli, Wembrayarli (2022) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK B DI PAUD SEGUGUS KEMBANG SEPATU KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSII - Mawar Zuliyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan kepercayaan diri anak kelompok B di PAUD Segugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi berjumlah 148 dan sampel berjumlah 44 orang tua dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data penelitian adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan perhatian orang tua dari 5 sub indikator (bimbingan dan nasehat, pengawasan, pemberian penghargaan dan hukuman, menemani anak belajar, dan penciptaan rumah yang kondusif) dengan nilai rata-rata 3,011 pada kategori rendah dan kepercayaan diri anak dari 4 sub (optimis, bertanggungjawab, mandiri dan bereaksi positif dalam menghadapi berbagai masalah) dengan nilai rata-rata 2,861 pada kategori rendah. Terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kepercayaan diri anak. Disarankan peneliti selanjutnya untuk mencari faktor kepercayaan diri anak dengan faktor lainnya. Kata Kunci: Orang Tua, Perhatian, Keprcayaan Diri

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:16
Last Modified: 17 Oct 2023 01:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17002

Actions (login required)

View Item View Item