Pertumbuhan Dan Hasil Tiga Varietas Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Pada Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair Gulma Paitan (Tithonia Diversifolia (Hemsley) A. Gray).

Kakang, Arianto and Merakati, Handajaningsih and Uswatun, Nurjanah (2020) Pertumbuhan Dan Hasil Tiga Varietas Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Pada Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair Gulma Paitan (Tithonia Diversifolia (Hemsley) A. Gray). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (bibliografi)
SKRIPSI KAKANG ARIANTO NPM E1J015064.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan pola respon pertumbuhan dan hasil tiga varietas bawang merah terhadap pemberian POC gulma paitan. Menentukan varietas bawang merah yang memiliki potensi hasil paling tinggi di dataran rendah Bengkulu. Mendapatkan konsentrasi optimum POC gulma paitan untuk meningkatkan hasil bawang merah. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2019 sampai dengan Agustus 2019 di Rumah Kawat IV Laboratorium Agoekoteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial, yang terdiri dari dua faktor : Faktor pertama adalah perlakuan konsentrasi Pupuk Organik Cair (POC), terdiri dari 5 taraf : K0 : 0 % (Kontrol), K1 : 25 % ( 25 % POC Paitan + 75% air), K2 : 50 % ( 50 % POC Paitan + 50% air), K3 : 75 % (75 % POC Paitan + 25% air) dan K4 : 100 % (100 % POC Paitan ). Faktor kedua adalah varietas bawang merah yang terdiri dari 3 varietas yaitu : V1= Bima, V2= Bauji, dan V3= Maja. Penelitian diulang sebanyak 3 kali, sehingga ada 45 unit percobaan. Setiap unit percobaan terdiri dari 2 polibag. Data hasil pengamatan menggunakan Analisis of Variance (ANOVA) taraf 5%. Jika terdapat interaksi dan konsentrasi berpengaruh nyata maka akan dilanjutkan dengan uji lanjut Polinomial Orthogonal. Jika varietas berpengaruh nyata maka akan di uji lanjut menggunakan uji lanjut BNT. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara pemberian konsentrasi POC gulma paitan dengan tiga varietas bawang merah. Varietas Bima menghasilkan jumlah umbi, diameter umbi, bobot basah umbi dan bobot kering umbi lebih tinggi dibandingkan dengan varietas Bauji dan Maja. Belum diperoleh konsentrasi optimum POC gulma paitan guna meningkatkan pertumbuhan dan hasil bawang merah. Kata Kunci : bawang merah, konsentrasi POC paitan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:31
Last Modified: 18 Oct 2023 02:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17021

Actions (login required)

View Item View Item