RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) TERHADAP BEBERAPA DOSIS PUPUK KOMPOS DAUN GAMAL (Gliricidia sepium)

Robby, Fadhlullah Rozi and Mohammad, Chozin and Fahrurrozi, Fahrurrozi (2020) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) TERHADAP BEBERAPA DOSIS PUPUK KOMPOS DAUN GAMAL (Gliricidia sepium). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (bibliografi)
Skripsi Robby Fadhlullah Rozi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pupuk kompos daun gamal memiliki potensi yang besar untuk digunakan sebagai penyedia hara bagi tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan respon pertumbuhan dan hasil bawang merah yang dipupuk dengan beberapa dosis pupuk kompos daun gamal. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret – September 2019 di Medan Baru, Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan faktor tunggal adalah pupuk kompos daun gamal yang terdiri atas 6 taraf yaitu pupuk N, P, dan K, kompos daun gamal 5 t/ha, kompos daun gamal 10 t/ha, kompos daun gamal 15 t/ha, kompos daun gamal 20 t/ha, dan kompos daun gamal 25 t/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, penampilan pertumbuhan, kompenen hasil, dan hasil bawang merah yang diperoleh dalam penelitian ini dikatagorikan lebih rendah dibandingkan deskripsi Bima Brebes. Sekalipun demikian, aplikasi kompos daun gamal menghasilkan peningkatan penampilan tanaman, terutama tinggi tanaman, diameter umbi, dan bobot umbi segar per rumpun, menunjukkan peningkatan yang berarti dibandingkan dengan aplikasi pupuk N, P, dan K, sedangkan variabel-variabel lainnya tidak menunjukkan perbedaan yang nyata antara aplikasi kedua jenis pupuk tersebut. Dengan demikian, kompos daun gamal dapat menggantikan peran pupuk N, P, dan K untuk menyediakan hara bagi tanaman bawang merah. Kata Kunci: Bawang Merah, Pupuk Kompos Daun Gamal

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:03
Last Modified: 18 Oct 2023 03:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17026

Actions (login required)

View Item View Item