PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq.) DI PRE NURSERY DENGAN PEMBERIAN KOMBINASI KONSENTRASI LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT DAN EM-4

Wiseva, Wahyu Wicaksono and Prasetyo, Prasetyo and Riwandi, Riwandi (2020) PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jacq.) DI PRE NURSERY DENGAN PEMBERIAN KOMBINASI KONSENTRASI LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT DAN EM-4. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (bibliografi)
Skripsi - Wiseva Wahyu Wicaksono.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan produksi minyak kelapa sawit berdampak pada peningkatan limbah yang pabrik yang dihasilkan dari proses pengolahan kelapa sawit dan berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan. Disisi lain dari hasil pengujian menunjukkan bahwa limbah cair kelapa sawit memiliki kandungan unsur hara sehingga berpotensi untuk dimanfaatkan menjadi pupuk organik cair. Namun limbah cair kelapa sawit perlu dilakukan pengomposan terlebih dahulu agar mampu terurai sempurna, salah satunya dengan penambahan dekomposer berupa EM-4 (Efective Microorganisem). Tujuan penelitian untuk mendapatkan konsentrasi limbah cair kelapa sawit dan EM-4 optimal pada pembibitan tanaman kelapa sawit di pre nursery. Percobaan dilaksanakan selama 5 bulan. Percobaan ini dilakukan di polybag dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi LCPKS (D) yang terdiri dari 5 taraf yaitu: 10%, 20%, 30%, 40% dan 50%. Faktor kedua yaitu penggunaan EM-4 yang terdiri dari 2 taraf yaitu :Tanpa EM-4 dan Penambahan EM-4. Dari kedua faktor di atas dikombinasikan dan diulang sebanyak 3 kali sehingga total unit percobaan berjumlah 30 unit. dan setiap percobaan terdiri dari 3 tanaman sampel sehingga sampel tanaman berjumlah 90 tanaman. Sebagai pembanding di tanam 9 tana�man kontrol (tanpa pemberian LCPKS dan EM-4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara konsentrasi limbah cair pabrik kelapa sawit dengan EM-4 terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit dan tidak ter�dapat konsentrasi optimal dari perlakuan yang diberikan terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pembibitan pre nursery. Kata kunci : Kelapa Sawit, pre nursery, LCPKS, EM-4.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:52
Last Modified: 18 Oct 2023 03:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item View Item