STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Munawarah, Munawarah and Rohiat, Rohiat and Dwi, Anggraeni (2016) STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
MUNAWAROH OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran di Kelas VB SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. sumber data yang digunakan adalah guru kelas VB SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, kesimpulan. Keabsahan data adalah perpanjang pengamatan dan triangulasi. Kesimpulan menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran di kelas VB SD Negeri 01 Kota Bengkulu sudah memiliki kemampuan pedagogik guru dalam pengelolaan pembelajaran sesuai dengan indikator yang telah ditentukan dalam penelitian. Hal ini ditunjukkan dalam kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran melalui pengelolaan pembelajaran: (1) kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan pembelajaran menentukan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan buku guru kurikulum 2013 dan materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa; (2) kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah ditentukan, terlihat dari membuka pembelajaran, menyajikan materi pembelajaran, mengatur kegiatan siswa di kelas, menggunakan media pembelajaran, menggunakan sumber pembelajaran, memotivasi siswa, menggunakan bahasa yang komunikatif, menyimpulkan pembelajaran dan menggunakan waktu secara efektif dan efisien; (3) kompetensi pedagogik guru dalam mengevaluasi siswa terlihat dari penilaian sikap sosial siswa, penilaian pengetahuan siswa dari materi yang telah dipelajari, dan penilaian keterampilan siswa dalam pembelajaran.Kata kunci : Kompetensi pedagogik guru dan pengelolaan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 08 Sep 2018 04:21
Last Modified: 08 Sep 2018 04:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17042

Actions (login required)

View Item View Item