KEANEKARAGAMAN JENIS DAN PEMANFAATAN TUMBUHAN DI PEKARANGAN DUSUN II DESA SUKARAYA BARU KECAMATAN STL ULU TERAWAS KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN

Ari, Yandi and Edi, Suharto and Wiryono, Wiryono (2020) KEANEKARAGAMAN JENIS DAN PEMANFAATAN TUMBUHAN DI PEKARANGAN DUSUN II DESA SUKARAYA BARU KECAMATAN STL ULU TERAWAS KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (bibliografi)
Skripsi_Ari_Yandi_E1B015097.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Pekarangan memenuhi prinsip-prinsip keberlanjutan secara ekologi dan sosial dimana pohon, tanaman semusim, tanaman hias dan tanaman lainnya serta ternak dapat hidup secara bersama-sama. Konsep keberlanjutan sosial memiliki dua dimensi yaitu peran positif untuk memenuhi kebutuhan pada saat sekarang dan kemampuan untuk menanggapi perubahan sosial ekonomi masyarakat. Walaupun terlihat sederhana dan konvensional, pekarangan menjadi salah satu jaring pengaman petani, penyelamat ekosistem dan sistem dengan pengelolaan lahan yang mensinergikan produksi dan konservasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman jenis dan pemanfaatan tumbuhan serta nilai ekonomi atau kontribusi kebun pekarangan di Dusun II Desa Sukaraya Baru Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas. Keanekaragaman jenis tumbuhan yang menyusun di pekarangan Dusun II Desa Sukaraya Baru ditemukan 158 jenis tumbuhan yang tergolong kedalam 59 suku yang terdiri dari 41 jenis pohon, 51 jenis anakan pohon dan perdu, dan 104 jenis tumbuhan bawah atau herba. Berdasarkan analisis data indeks keragaman jenis tingkat pohon yaitu sebesar 3,067, sehingga keragaman jenis tumbuhan di pekarangan Dusun II Desa Sukaraya Baru menunjukkan keragaman yang tinggi. Jenis tumbuhan yang mempunyai INP paling tinggi adalah mangga (Mangifera indica L.) sebesar 47,92 %. Jenis tumbuhan tingkat anakan pohon dan perdu yang mendominasi di pekarangan Dusun II Desa Sukaraya Baru adalah duku (Lansium domesticum Jack.) sebanyak 33 individu. Persentase tutupan lahan tumbuhan tingkat herba yang tertinggi yaitu rumput jepang (Zoysia japonica Steud.) sebesar 75 %. Pemanfaatan tumbuhan yang ada di pekarangan milik masyarakat Dusun II Desa Sukaraya Baru yaitu tanaman yang digunakan sebagai bahan pangan 70 jenis, sebagai obat tradisional 30 jenis, sebagai bahan pewarna alami 4 jenis, sebagai bahan kerajinan tangan 4 jenis, tanaman hias 40 jenis, sebagai pakan ternak 5 jenis, sebagai kayu bakar 26 jenis, sebagai pagar 6 jenis, sebagai pohon peneduh 4 jenis, sebagai keperluan adat 12 jenis, sebagai bahan kosmetik alami 7 jenis dan ada 4 jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan bangunan. Tanaman yang diusahakan di pekarangan Dusun II Desa Sukaraya Baru yang memberikan kontribusi ekonomi bagi keluarga yaitu dari jenis buah-buahan serta beberapa jenis tanaman yang dijual kayunya. Penghasilan yang didapat dari pekarangan terbesar mencapai 20% dari hasil pendapatan utama dan penghasilan terkecil yang didapat dari pekarangan yaitu 3% dari hasil pendapatan utama. Pendapatan dihitung berdasarkan perolehan responden selama jangka waktu satu tahun terakhir. Kata Kunci : Keanekaragaman Jenis, Pemanfaatan Tumbuhan dan Kontribusi Pekarangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:13
Last Modified: 19 Oct 2023 02:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17050

Actions (login required)

View Item View Item