POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DITINJAU DARI JENIS PEKERJAANNYA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Anak Kelompok B Se-Gugus Cempaka Kecamatan Hulu Palik,Bengkulu Utara)

Azizah, Putri Dwi Nur and Didik, Suryadi and Nina, Kurniah (2022) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DITINJAU DARI JENIS PEKERJAANNYA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Anak Kelompok B Se-Gugus Cempaka Kecamatan Hulu Palik,Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Patricia Monalisa H (A1I017058).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi orang tua dengan anak ditinjau dari jenis pekerjaannya di kelompok B segugus Cempaka Kecamatan Hulu Palik Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi 38 orang tua. Sampel diambil secara keseluruhan dengan menggunakan total sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan analisis statistik dengan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pola komunikasi karena kurangnya waktu yang orang tua luangkan pada anak karena kesibukkan pekerjaan. Secara keseluruhan orang tua lebih menerapkan pola komunikasi demokratis. Orang tua yang bekerja sebagai petani dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) lebih sering menerapkan pola komunikasi demokratis. Sedangkan orang tua yang bekerja sebagai pedagang lebih sering menerapkan pola komunikasi otoriter. Saran bagi orang tua sebaiknya lebih meluangkan waktu bersama anak agar menghasilkan pola komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Kata Kunci : Pola Komunikasi , Jenis Pekerjaan , Orang Tua

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:21
Last Modified: 19 Oct 2023 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17052

Actions (login required)

View Item View Item