PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IVB SDN 4 KOTA BENGKULU

Nurlinawati, Nurlinawati and Abdul, Muktadir and Resnani, Resnani (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IVB SDN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh kemampuan menulis karangan narasi siswa pada kelas IVB SDN 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian adalah eksperimen tidak murni dengan desain satu kelompok pretest-postest (one gruop pretestpostest). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB SDN 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa, yang ditentukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tentang menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas, kemudian menguji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh thitung sebesar 2,15. Ttabel berupa 2,02 pada taraf signifikan 5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IVB SDN 4 Kota Bengkulu.Kata kunci : Kemampuan Menulis, Karangan, Narasi, Media Visual.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 10 Sep 2018 03:37
Last Modified: 10 Sep 2018 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item View Item