PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK SEGUGUS GARUDA (Studi Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara)

SARI, PUTRI MONICA and Didik, Suryadi and Anni, Suprapti (2022) PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK SEGUGUS GARUDA (Studi Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Putri Monica Sari PGPAUD .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam melaksanakan belajar dari rumah selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di TK segugus Garuda Kecamatan Ketahun sebanyak 21 orang. Sampel diambil secara menyeluruh/ total, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru di TK segugus Garuda Kecamatan Ketahun melakukan perannya dengan baik, sebagai fasilitator guru sering memberikan fasilitas dan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran selama pandemi, guru sebagai motivator sering memberikan kesempatan mengungkapkan ide, memberikan umpan balik, memberikan komentar positif, dan memberikan pujian, dan guru sebagai evaluator sering mengevaluasi setiap selesai melakukan pembelajaran secara online, memahami masalah-masalah apa saja yang timbul saat pembelajaran. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah meneliti lebih lanjut tentang hambatan peran guru sebagai fasilitator, motivator dan evaluator dalam belajar dari rumah. Kata kunci : peran guru, belajar dari rumah, TK

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:20
Last Modified: 19 Oct 2023 03:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17057

Actions (login required)

View Item View Item