HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP SAMPAH DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SD NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Oktarina, Rahmi and Endang, Widi Winarni and Dalifa, Dalifa (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP SAMPAH DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SD NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RAHMI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap sampah dengan sikap peduli lingkungan siswa di SD Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 175 orang. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 44 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan perhitungan statistik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung 0,41 terletak pada rentang nilai r = 0,40-0,60, hal ini berarti dua variabel dikatagorikan memiliki hubungan yang cukup, sedangkan uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,304. Diperoleh harga rhitung > rtabel jadi hipotesis alternatif (Ha) terbukti dan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap sampah dengan sikap peduli lingkungan siswa di SD Negeri 4 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Persepsi siswa terhadap sampah, Sikap peduli lingkungan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 10 Sep 2018 04:09
Last Modified: 10 Sep 2018 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item