STUDI DESKRIPTIF PROGRAM PENANGGULANGAN BENCANA ALAM GEMPA BUMI TERINTEGRASI DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Putri, Resty Ardita and Endang, Widi Winarni and Feri, Noperman (2016) STUDI DESKRIPTIF PROGRAM PENANGGULANGAN BENCANA ALAM GEMPA BUMI TERINTEGRASI DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_RESTY ARDITA PUTRI (A1G012014).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian/evaluasi program penanggulangan bencana alam gempa bumi terintegrasi dalam ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Negeri 11 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah pembina Pramuka, mabigus, asisten pembina Pramuka dan siswa anggota Pramuka. Instrumen penelitian meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Pada perencanaan program, dilakukan oleh pembina dan asisten pembina Pramuka. Perencanaan program penanggulangan bencana alam gempa bumi meliputi kegiatan seperti simulasi gempa bumi, pendirian tenda, pembuatan tandu, dan evakuasi korban bencana gempa, 2) Dalam tahap pelaksanaan, dilakukan pada hari Sabtu tanggal 9 April 2016 di lapangan Sekolah Dasar Negeri 11 Kota Bengkulu. Latihan kegiatan penanggulangan bencana alam gempa bumi diikuti oleh kelas IV dan V. Pelatih dalam kegiatan adalah pembina dan asisten pembina Pramuka, 3) Pada tahap penilaian/evaluasi, dilakukan setelah siswa menyelesaikan SKU. Pengujian SKU dilakukan oleh mabigus, pembina dan asisten pembina Pramuka. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa program penanggulangan bencana alam gempa bumi terintegrasi ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Negeri 11 Kota Bengkulu sudah terencana dan berjalan sesuai rencana mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian/evaluasi. Kata kunci : Deskriptif, Program penanggulangan, Bencana alam, Gempa bumi, Ekstrakurikuler Pramuka.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 10 Sep 2018 04:20
Last Modified: 10 Sep 2018 04:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17063

Actions (login required)

View Item View Item