KERAGAMAN JENIS ANGGREK DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) PALAK SIRING KEMUMU (STUDI KASUS DI KELURAHAN KEMUMU KECAMATAN ARMA JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Tri, Haryono and Agus, Susatya and Edi, Suharto (2020) KERAGAMAN JENIS ANGGREK DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) PALAK SIRING KEMUMU (STUDI KASUS DI KELURAHAN KEMUMU KECAMATAN ARMA JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (bibliografi)
SKRIPSI TRI HARYONO.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Anggrek adalah tumbuhan famili Orchidacea, yang merupakan tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Menurut para ahli jumlah anggrek di Jawa sebanyak 731 jenis, Kalimantan sebanyak 2.000 jenis, Sulawesi sebanyak 548 jenis, Maluku sebanyak 820 jenis, dan Sumatera sebanyak 1.118 jenis. Habitat hidup anggrek dibagi atas 4, anggrek epifit yaitu anggrek yang hidup menumpang pada tumbuhan lain namun tidak bersifat merugikan, anggrek saprofit yaitu anggrek yang hidup di atas seresah atau daun-daun kering atau kayu-kayu lapuk, anggrek litofit yaitu anggrek yang hidup di atas bebatuan dan anggrek terestrial yaitu anggrek yang hidup di permukaan tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekayaan dan sebaran spasial anggrek. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai Juni 2019 di plot permanen yang merupakan plot kerja perencanaan Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) di Blok 2 Palak Siring Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode sensus. Dari hasil peneltian ditemukan 17 jenis anggrek terdiri dari 14 jenis anggrek epift antara lain Agrostophyllum stipulatum, Agrostophyllum bicuspidatum, Appendicula udulata, Bulbophyllum gibbosum, Bulbophyllum, Cymbidium aliofolium, Dendrobium, Dendrobium indivisum, Dendrobium crumenatum, Spesies X, Eria pilifera, Flickingeria forcipata, Pholidota imbricata dan jenis Thelasis micrantha, sedangkan untuk jenis anggrek terrestrial sebanyak 3 jenis diantaranya Chalante zollingeri, Macodes petola dan Spatoglothis plicata. Dapat disimpulkan bahwa keanekaragaman jenis anggrek di KHDTK tergolong rendah. Pola sebaran anggrek di KHDTK hampir seluruh jenis anggrek memiliki pola penyebaran mengelompok dan pola penyebaran teratur sedangkan untuk penyebaran acak tidak ditemukan. Kata Kunci : Keragaman, Jenis, Anggrek.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:46
Last Modified: 19 Oct 2023 08:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17073

Actions (login required)

View Item View Item